Pages

Script online shop Siap pakai


Aplikasi Pembelian dan Penjualan berbasis Web Base

Senin

Email MAILER-DAEMON, Email Apakah Itu?

Anda mungkin pernah – atau sering – menerima email dari MAILER-DAEMON@…. atau Mail Delivery System, yang memiliki Subject Failure Notice (atau judul-judul lain yang sejenis). Banyak netter awam yang bingung dengan email-email seperti itu. “Kenapa saya menerimanya, dan apa yang harus saya lakukan?”
Email MAILER-DAEMON (kita sebut saja seperti itu, walau nama “resmi”nya bukan itu) kira-kira sama seperti peristiwa ketika Anda mengirim surat ke sebuah alamat, namun surat itu dikembalikan pada Anda dengan alasan si penerima tidak dikenal, alamat tidak jelas, si penerima sudah pindah, dan sebagainya. Dengan kata lain, ketika Anda menerima email MAILER-DAEMON, artinya email Anda gagal terkirim ke alamat tujuan.

Alasannya tentu bermacam-macam, seperti halnya alasan kegagalan pengiriman surat Anda via kantor pos. Sebetulnya, jika Anda cukup cermat dan bisa berbahasa Inggris (cukup bahasa Inggris yang pas-pasan saja), memahami email MAILER-DAEMON tidaklah sulit. Pada setiap email MAILER-DAEMON, biasanya terdapat alasan kenapa email tersebut gagal terkirim. Alasan-alasan yang paling umum adalah:
1. Over Quota
Biasanya setiap account email memiliki kuota atau kapasitas maksimum. Sebagai contoh Webmail CBN memiliki kuota 5 MB. Jika isi mailbox Anda di Webmail CBN telah mencapai batas 5 MB, maka pada saat itu mailbox Anda telah penuh (over quota), sehingga Anda tidak bisa menerima email-email baru yang muncul.
2. Account Disabled or Discontinued
Jika Anda memiliki email di Yahoo Mail, dan Anda tidak pernah login ke sana selama 6 bulan berturut-turut, maka account email Anda akan dinonaktifkan. Dalam kondisi ini, semua pesan email di mailbox Anda akan dihapus, dan Anda tidak bisa menerima kiriman email-email baru. Ini adalah salah satu contoh kondisi account email “disabled or discontinued”. Account email Anda masih tersedia (belum dihapus), namun ia dalam keadaan tidak aktif atau tidak berfungsi.
3. Invalid Address
Kondisi ini sama seperti ketika Anda mengirim surat ke sebuah alamat yang tidak lengkap (misalnya tanpa nomor rumah, atau tanpa nama kota dan tanpa kode pos). Alamat email yang Anda tulis tidak valid (salah), sehingga email Anda tidak pernah tiba ke manapun.
4. Masih banyak alasan lain. Namun ketiga alasan di atas merupakan alasan yang paling umum.
Bagaimana Mengetahui Alasan Kegagalan Pengiriman Email?
Seperti penulis sebutkan di atas, memahami email MAILER-DAEMON tidaklah sulit. Sebab, pada setiap email MAILER-DAEMON biasanya terdapat alasan kenapa email tersebut gagal terkirim. Bunyi “pesan kegagalan” ini berbeda-beda, karena ditulis oleh admin dari mail server yang berbeda-beda pula.
Berikut, penulis melampirkan beberapa contoh saja dari sejumlah email MAILER-DAEMON yang pernah penulis terima (Catatan: Alamat email blabla@yahoo.com yang terdapat di sini hanyalah contoh).
Contoh 1:
Hi. This is the qmail-send program at cbn.net.id.
I’m afraid I wasn’t able to deliver your message to the following addresses.
This is a permanent error; I’ve given up. Sorry it didn’t work out.
[blabla@yahoo.com]:
User is over quota email returned.
Kalimat “User is over quota email returned” pada contoh di atas merupakan alasan kegagalan pengiriman tersebut. Dalam hal ini, email tersebut gagal terkirim karena mailbox si penerima telah penuh (over quota), sehingga email-email baru tidak bisa masuk.
Contoh 2:
Hi. This is the qmail-send program at server4.myhttps.com.
I’m afraid I wasn’t able to deliver your message to the following addresses.
This is a permanent error; I’ve given up. Sorry it didn’t work out.
[blabla@yahoo.com]:
64.157.X.XX failed after I sent the message.
Remote host said: 554 delivery error: dd Sorry your message to blabla@yahoo.com cannot be delivered. This account has been disabled or discontinued [#102]. – mta137.mail.sc5.yahoo.com
Pada contoh di atas, alasan kegagalan adalah “This account has been disabled or discontinued”. Artinya, account email si penerima sudah tidak aktif atau sudah tidak berfungsi sehingga tidak bisa menerima email-email baru.
Contoh 3:
Diagnostic result from mail delivery at indo.net.id.
Error: Can’t deliver your message to the following addresses.
[blabla@yahoo.com]:
Sorry, no mailbox here by that name. (#5.1.1)
Untuk yang ini, alasannya adalah “Sorry, no mailbox here by that name”. Maksudnya, alamat email tersebut tidak tersedia. Dengan kata lain, si pengirim telah mengirim email ke sebuah alamat email palsu (atau tidak valid), sehingga emailnya tidak pernah sampai ke manapun.
Jadi, tidak sulit bukan memahami email MAILER-DAEMON? Sebab “modal” yang Anda butuhkan hanya kemampuan untuk membaca teks berbahasa Inggris.

Sumber http://www.doktertomi.com/2006/03/22/email-mailer-daemon-email-apakah-itu/

0 komentar:

Pasang Link Anda di Sini